Dahsyatnya Kopi Belut Shirah B’Lux

8 06 2011
CHE Rashirah Yaacob menunjukkan produk keluaran Shirah B’lux di Ekspo SDSI, Kuala Terengganu.
 Shirah B’lux Menyuguhkan solusi Praktis buat anda yang ingin mendapatkan sejuta manfaat & Dahsyatnya Khasiat Belut & Kopi dalam satu kemasan siap saji dengan sebuah produknya yang di beri nama Kopi Shirah.

KHASIAT BELUT
Dilihat dari komposisi gizinya, belut mempunyai nilai energi yang cukup tinggi, yaitu 303 kkal per 100 gram daging. Nilai energi belut jauh lebih tinggi dibandingkan telur (162 kkal/ 100 gram tanpa kulit) dan daging sapi (207 kkal per 100 gram).

Nilai protein pada belut (18,4 g/ 100 g daging) setara dengan protein daging sapi (18,8 g/ 100g), tetapi lebih tinggi dari protein telur (12,8 g/100 g). Seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada belut juga sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk sumber protein bagi semua kelompok usia, dari bayi hingga usia lanjut.

Leusin berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Asam glutamat sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan asam aspartat untuk membantu kerja neurotransmitter.

Tingginya kadar asam glutamat pada belut menjadikan belut berasa enak dan gurih. Dalam proses pemasakannya tidak perlu ditambah penyedap rasa berupa monosodium glutamat (MSG).

Kandungan arginin (asam amino non-esensial) pada belut dapat memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HGH). HGH ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Belut kaya akan zat besi (20 mg/100 g), jauh lebih tinggi dibandingkan zat besi pada telur dan daging (2,8 mg/ 100g). Konsumsi 125 gram belut setiap hari telah memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, yaitu 25 mg per hari. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk mencegah anemia gizi, yang ditandai oleh tubuh yang mudah lemah, letih, dan lesu.

Zat besi berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi membawa oksigen ke. seluruh jaringan tubuh. Oksigen tersebut selanjutnya berfungsi untuk mengoksidasi karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi untuk aktivitas tubuh. Itulah yang menyebabkan gejala utama kekurangan zat besi adalah lemah, letih, dan tidak bertenaga. Zat besi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.

Belut juga kaya akan fosfor. Nilainya dua kali lipat fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, konsumsi fosfor hares berimbang dengan kalsium, agar tulang menjadi kokoh dan kuat, sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya (sekitar 80 persen) berada dalam tulang dan gigi.

Fungsi utama fosfor adalah sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyal dibandingkan saat-saat tidak mengandung, terutama untuk pembentukan tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.

Kandungan vitamin A yang mencapai 1.600 SI per 100 g membuat belut sangat baik untuk digunakan sebagai pemelihara sel epitel. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, penglihatan, dan prows reproduksi.

Belut juga kaya akan vitamin B. Vitamin B umumnya berperan sebagai kofaktor dari suatu enzim, sehingga enzim dapat berfungsi normal dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B juga sangat penting bagi otak untuk berfungsi normal, membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.

Meskipun mempunyai nilai gizi yang tinggi, kandungan lemak pada belut juga cukup tinggi, yaitu mencapai 27 g per 100 g. Lebih tinggi dibandingkan lemak pada telur (11,5 g/100 g) dan daging sapi (14,0 g/100 g).

Di antara kelompok ikan, belut digolongkan sebagai ikan berkadar lemak tinggi. Kandungan lemak pada belut hampir setara dengan lemak pada daging babi (28 g/100 gram). Menurut publikasi yang dikeluarkan oleh Singapore General Hospital, belut termasuk makanan berkolesterol tinggi dan wajib untuk diwaspadai.

Walaupun kadar lemaknya tinggi, belut tidak perlu dihindari dalam pola makan kita. Bagaimanapun, lemak memegang peran penting sebagai sumber kelezatan, sumber energi, penyedia asam lemak esensial, dan tentu saja sebagai pembawa vitamin min larut lemak (A, D, E dan K).

Pada lemak ikan terdapat vitamin D yang cukup tinggi, yaitu 10 kali lipat dibandingkan bagian dagingnya dan 50 kali lipat vitamin D yang terdapat pada susu. Vitamin D sangat berguna bagi tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan menghalanginya dad proses resorpsi (pelepasan kalsium dad tulang).

Upaya untuk mengurangi kadar lemak pada belut adalah dengan cara dipanggang di atas bara api. Proses pemanggangan akan menyebabkan lemak mencair dan keluar dari daging belut, menetes ke bara api. Sebaiknya belut tidak diolah dengan cara digoreng, agar kadar lemaknya tidak bertambah banyak.

Seperti pada jenis ikan lain, belut juga mengandung asam lemak omega 3. Kadar omega 3 pada lemak ikan, termasuk belut, sangat bervariasi tetapi berkisar antara 4,48 persen sampai dengan 11,80 persen. Kandungan omega 3 pada ikan, tergantung kepada jenis, umur, ketersediaan makanan, dan daerah penangkapan.

Dan hasil penelitian, diketahui bahwa bagian tubuh ikan memiliki lemak dengan komposisi omega 3 yang berbeda-beda. Kadar omega 3 pada bagian kepala sekitar 12 persen, dada 28 persen, daging permukaan 31,2 persen, dan isi rongga perut 42,1 persen (berdasarkan berat kering).

Belut Penggugah Nafsu Wanita
Belut kerap disebut-sebut dapat meningkatkan kemampuan ‘burung’ para pria untuk manggung lebih lama. Juga membuat bongsor ‘tubuhnya’. Tapi sebenarnya tidak hanya kaum adam yang dapat menangguk nilai belut dalam urusan syahwat. Namun kaum Hawa juga akan memperoleh khasiat yang sama bila rajin mengkonsumsi belut.

Selengkapnya, silahkan baca ini : Mendongkrak Vitalitas Dengan Belut Dan Ini : Dahsyatnya Manfaat Minum Kopi.


Shirah B’Lux Profile :

Rangkaian Tani Enterprise telah diasaskan & diilhamkan oleh Pn Che Rashirah Bte Yaacob yang amat berminat dalam bidang agro penternakan, beliau begitu yakin yang bidang ternakan belut ini mampu mencapai tahap paling tinggi dimana permintaan terhadap belut ini adalah sehingga ke peringkat antarabangsa.

Rangkaian Tani Enterprise telah di tubuhkan dan mula beroperasi pada September 2008 dengan pembinaan 3 buah kolam simen saiz sederhana yang mampu menghasilkan 3 tan metrik belut segar setahun. Setelah didaftar di Suruhanjaya Syarikat Malaysia ( SSM ) dengan no pendaftaran TR0081311-V dan beralamat awal di Kg Tasek Kubu, Pengkalan Berangan, 21040 Marang, Terengganu dimana Pusat Penternakan Belut ini dibina.

Namun terlalu ramai pengguna yang geli terhadap belut walaupun menyedari akan khasiat nya, Rangkaian Tani telah mengambil inisiatif dengan menjadi belut dalam bentuk produk yang mudah dan dapat diterima oleh pelbagai peringkat usia. Maka pada Jun 2009, Rangkaian Tani telah mengeluarkan 4 produk pertama beliau dengan jenama Rangkaian Tani sebagai percubaan penerimaan pengguna kepada produk yang berasaskan belut yang pertama di Malaysia. Losyen Belut Plus Serai Wangi Halia, Minyak Belut Istimewa, Jelly Belut & Kapsul Belut telah berada di pasaran dengan pek serba hijau. Sambutan dari pengguna di sekitar Terengganu amat menggalakkan namun pek serba hijau perlukan penambahbaikan.

Dengan penampilan pek serba unggu baru serta icon belut yang lebih menarik,dibawah jenama Shirah B’Lux, pengguna pasti akan lebih tertarik dan dapat menerimanya.

Pada 01 Februari 2010, 3 produk utama telah dilancarkan dengan rasminya oleh Yang Berhormat Datuk Mohamed Awang Tera , Pengerusi Jawatankuasa Pembangunan Luar Bandar Usahawan dan koperasi Di Pusat Dagangan Terengganu (TTC) .Di Bawah jenama ini, Shirah B’Lux telah mengeluarkan 3 produk utama yang berasaskan belut yang pertama di Malaysia iaitu Kopi Shirah, Losyen Belut Plus Serai Wangi Halia dan Jelly Belut . Dua produk lain yang masih menunggu kelulusan Kementerian Kesihatan Malaysia ialah kapsul belut Special dan Minyak Belut Istimewa dan dalam masa 2 minggu, produk Shirah B’lux telah berada di pasaran di seluruh Malaysia. Dalam tempoh itu juga, Shirah B’lux telah mempunyai 6 Pusat Pengedar dan lebih 50 Agen Jualan di seluruh Malaysia.

Promosi melalui ekspo yang dihadiri telah memberi kesan yang baik sehingga mendapat anugerah produk terbaik SDSI Peringkat Daerah Marang pada 24 November 2010 yang lalu.

Seterusnya SDSI di Melaka pada Disember 2010 juga telah dilanjutkan dengan mendapat sambutan yang menggalakkan dari para pengunjung disana.

Sebagai galakan untuk pasaran antarabangsa juga produk ini juga telah dibawa ke Dubai di bawah pameran produk halal pada akhir Februari 2011- 3 mac 2011.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: